Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

Sabtu, 16 April 2011

LINGKUNGAN KEKUASAAN ISLAM YANG PERTAMA


Tidak  banyak   waktu   yang   diperlukan   Muhammad   dalam menyampaikan  ajaran  agama,  dalam  menyebarkan panjinya ke penjuru dunia. Sebelum wafatnya, Allah telah  menyempurnakan agama  ini  bagi  kaum  Muslimin. Dalam pada itu iapun telah meletakkan landasan penyebaran agama  itu:  dikirimnya  misi kepada  Kisra,  kepada  Heraklius  dan kepada raja-raja dan penguasa-penguasa lain supaya mereka  sudi  menerima  Islam. 
Tak  sampai  seratus  limapuluh  tahun  sesudah itu, bendera Islampun sudah berkibar sampai ke Andalusia di Eropa sebelah barat,  ke  India,  Turkestan,  sampai  ke  Tiongkok di Asia Timur, juga telah sampai ke Syam (meliputi  Suria,  Libanon, Yordania   dan   Palestina   sekarang),   Irak,  Persia  dan Afganistan, yang semuanya sudah menerima Islam.  Selanjutnya negeri-negeri  Arab  dan  kerajaan  Arab,  sampai  ke Mesir, Cyrenaica, Tunisia, Aljazair, Marokko,  -sekitar  Eropa  dan Afrika-  telah dicapai oleh misi Muhammad 'alaihissalam. Dan sejak waktu itu sampai masa kita  sekarang  ini  panji-panji Islam  tetap  berkibar  di semua daerah itu, kecuali Spanyol yang kemudian diserang oleh Kristen dan penduduknya  disiksa dengan  bermacam-macam  cara  kekerasan.  Tidak  tahan  lagi mereka hidup. Ada di antara mereka yang kembali  ke  Afrika, ada  pula  yang  karena  takut  dan  ancaman, berbalik agama berpindah dari agama asalnya kepada agama  kaum  tiran  yang menyiksanya.   Hanya  saja  apa  yang  telah  diderita  Islam  di Andalusia sebelah barat Eropa  itu  ada  juga  gantinya  tatkala  kaum Usmani  (Turki)  memasukkan dan memperkuat agama Muhammad di Konstantinopel.
Dari  sanalah  ajaran  Islam  itu  kemudian menyebar  ke  Balkan,  dan  memercik pula sinarnya sampai ke Rusia dan Polandia sehingga  berkibarnya  panji-panji  Islam itu berlipat ganda luasnya daripada yang di Spanyol.   Sejak  dari  semula Islam tersebar hingga masa kita sekarang ini  memang  belum   ada   agama-agama   lain   yang   dapat mengalahkannya.  Dan  kalaupun ada di antara umat Islam yang ditaklukkan,  itu  hanya  karena   adanya   berbagai   macam kekerasan,  kekejaman  dan despotisma, yang sebenarnya malah menambah kekuatan iman mereka  kepada  Allah,  kepada  hukum Islam, dengan memohonkan rahmat dan ampunan daripadaNya.

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates